1001 Diet

Semua yang ingin anda ketahui tentang diet ada disini

Nutrisi untuk Dewasa

Nutrisi digambarkan sebagai proses penyerapan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh melalui makanan yang kita makan. Nutrisi yang baik untuk remaja bisa membantunya dalam mencegah berbagai gangguan penyakit dan meningkatkan kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhannya.

Jumlah asupan vitamin dan mineral yang cukup adalah salah satu bagian penting dari nutrisi. Vitamin adalah zat organik yang terdapat di dalam makanan. Vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur metabolisme dan mempertahankan pertumbuhan dan fungsi-fungsi normal.

Mineral itu sangat vital karena mereka adalah pondasi yang membentuk otot, jaringan, dan tulang. Mineral juga sangat penting bagi sistem penyokong kehidupan, misalnya hormon, mentransfer oxygen, dan sistem-sistem enzym.

Ada banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh dari makanan, dan setiap kelompok makanan mensupply setidaknya satu bahan gizi. Misalnya, oat bran, yang terbuah dari gandum utuh, bisa mensupply serat dan mineral yang disebut magnesium.

Tujuan

Sebagai anak-anak, nutrisi itu sangat penting untuk pertumbuh dan perkembangan. Sebagai orang dewasa, nutrisi itu penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan, juga mencegah penyakit.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penambahan berat badan umumnya terjadi akibat makan terlalu banyak, dan memilih makanan yang salah. Nutrisi yang baik bisa membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan dengan cara memfokuskan untuk mengkonsumsi kalori yang banyak mengandung gizi, bukan gula atau lemak.

Nutrisi juga berperan penting dalam pencegahan dan pengendalian penyakit. Sebagai contoh, nutrisi yang buruk bisa mengarah pada kolesterol tinggi, yang menyebabkan penyakit jantung. Mengurangi garam dari diet bisa mengontrol tekanan darah. Orang yang diabetes harus menjalani diet spesial untuk mengontrol kardar gula darahnya.

Orang-orang yang sedang mengalami gangguan penyakit adalah contoh dari efek nutrisi tertentu, atau kekurangan nutrisi tertentu terhadap tubuh manusia.

Beberapa contoh dari penyakit tertentu yang berhubungan dengan pola makan yang buruk dan kurang aktif secara fisik adalah penyakit jantung, diabetes type 2, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan kanker.

Diet tidak seimbang yang rendah nutrisi namun tinggi kalori bisa mengarah pada penambahan berat badan.

Diet spesial atau therapy nutrisi mungkin akan digunakan untuk melengkapi jenis perawatan lain yang dilakukan oleh dokter untuk merawat penyakit atau kondisi tertentu. Misalnya:

  • Kolesterol. Diet yang banyak mengandung serat dan mengurangi lemak saturated serta kolesterol, bisa membantu untuk mengatur kolesterol.
  • Tekanan darah tinggi. Mengurangi garam dan lemak tertentu, juga menurunkan berat badan, bisa membantu menurunkan tekanan darah. Diet spesial telah dikembangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
  • Diabetes. Nutrisi itu sangat penting bagi orang dewasa yang menderita diabetes type 2. Mereka akan diharuskan untuk mengontrol porsi, makan secara teratur dan memilih makanan yang bernutrisi, juga mengikuti berbagai petunjuk lain mengenai diet yang sehat dan seimbang.
  • Anemia. Orang yang menderita anemia perlu menambahkan zat besi ke dalam dietnya, dan dianjurkan untuk memperbanyak makan kedele, bayam, dan lain-lain.

Terkadang, orang yang sedang menderita suatu penyakit memerlukan nutrisi buatan untuk membantu mereka agar bisa mendapat nutrisi yang cukup. Nutrisi ini mungkin berasal dalam bentuk minuman spesial yang ditambahkan ke dalam diet atau diberikan melalui suntikan intravenous (IV) di rumah sakit atau fasilitas lainnya.

Nutrisi itu penting sepanjang kehidupan dewasa. Sebagai orang dewasa yang berusia muda, nutrisi yang baik bisa membantu orang-orang untuk tetap kuat karena mereka memerlukan energi untuk kehidupannya yang aktif. Wanita hamil memerlukan perhatian yang khusus pada nutrisi.

Di usia pertengahan, nutrisi yang tepat bisa membantu mencegah penyakit dan bertambahnya berat badan, yang biasanya berhubungan proses penuaan dan kehidupan yang menjadi menetap.

Saat orang-orang mencapai tahun-tahun kedewasaannya, nutrisi menjadi semakin kritis, karena banyak orang yang berusia dewasa tidak bisa makan dengan benar akibat kondisi medis, pengobatan, atau faktor sosial.

Dekripsi

Ditahun 2005, United States Department of Agriculture (USDA) dan United States Department of Health and Human Services memperbarui Dietary Guidelines-nya.

Guidlines ini berisi panduan-panduan yang didasari oleh berbagai hasil penelitian ilmiah, mengenai cara memilih diet yang bernutrisi dan cara mempertahankan berat badan yang sehat.

Meski ditulis untuk orang dewasa, namun unsur-unsur gizinya sama untuk semua orang yang berusia lebih dari 2 tahun. Panduan ini juga membahas tentang aktivitas fisik dan keamanan makanan.

USDA merevisi pyramid makanan tradisional untuk membuatnya lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Kelompok-kelompok makanan dasar

Berikut ini adalah kelompok-kelompok makanan dasar yang disertakan dalam pyramid yang disediakan oleh USDA:

  • Sayuran. Pyramid merekomendasikan untuk banyak memakan sayuran yang berwarna hijau gelap dan orange, juga buncis dan kacang polong.
  • Buah-buahan. Berbagai jenis buah segar, beku, atau kalengan itu bagus, namun USDA merekomendasikan untuk membatasi jus buah.
  • Susu, yogurt, dan keju. USDA merekomendasikan untuk mendapat kalsium yang cukup dari susu rendah atau tanpa lemak. Remaja yang tidak bisa minum susu seharusnya diberikan produk-produk yang bebas lactose atau sumber kalsium lainnya, misalnya keju dan yogurt.
  • Daging dan kacang-kacangan. Lean protein seharusnya berasal dari daging rendah lemak dan unggas yang disiapkan dengan cara dibakar atau dipanggang. Memvariasikan pilihan itu dianjurkan, sehingga memperbanyak pilihan ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijan yang menyediakan protein sebagai bagian dari diet.
  • Minyak dan lemak. Sebagian besar lemak seharusnya berasal dari ikan, kacang-kacangan, dan sayuran yang mengandung minyak. Lemak solid misanya mentega, margarine seharusnya dibatasi. Remaja sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 25 - 35% kalori dari lemak.

KELOMPOK MAKANAN YANG DIANJURKAN. Panduan ini menganjurkan untuk makan buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi energi yang dibutuhkan.

Dua mangkuk buah dan sekitar 2,5 mangkuk sayuran per hari adalah jumlah yang cukup untuk memberikan 2000 kalori per hari. Mereka yang makan kurang atau lebih dari 2000 kalori perhari bisa menambahkan atau mengurangi jumlah ini, sesuai dengan kebutuhannya.

Mengadopsi pola makan yang seimbang

Dietary Guidelines menganjurkan untuk mengadopsi pola makan yang seimbang. Dengan menggunakan pyramid dari USDA, bisa membantu untuk memodifikasi diet atau orang dewasa bisa memilih diet DASH.

DASH adalah diet yang dibuat untuk mencegah tekanan darah tingi dengan meminimalisasi garam dalam diet, dan menyediakan nutrisi yang seimbang, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Rekomendasi untuk kelompok tertentu

Tidak semua orang dewasa punya kebutuhan yang sama. Selain membutuhkan nutrisi khusus yang berhubungan dengan penyakit atau aktivitas, mengikuti rekomendasi berikut ini bisa diterapkan untuk kelompok tertentu:

1. Orang yang berusia 50 tahun kebawah. Guidelines merekomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin B12 melalui makanan atau supplement.

Untuk wanita yang berusia subur, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, atau yang bisa membantu penyerapan zat besi, misalnya makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Untuk wanita yang usia kehamilannya berada pada 3 bulan pertama, dianjurkan untuk mengkonsumsi folic acid synthetic dari makanan yang sudah diperkaya atau supplement sebagai tambahan dari berbagai jenis makanan.

2. Orang dewasa yang berusia 50 tahun keatas, orang-orang yang berkulit gelap, dan orang-orang yang tidak mendapat sinar matahari dalam jumlah yang cukup.

Orang-orang ini seharusnya mengkonsumsi vitamin D tambahan dari makanan-makanan yang telah diperkaya dengan vitamin D atau supplement.

Mendapatkan gizi yang cukup

Jumlah kebutuhan dari setiap gizi dan jumlah yang didapat seseorang dari dietnya akan bervariasi. Banyak orang dewasa yang tidak mendapat kalsium yang cukup dari diet mereka, yang nantinya bisa mengarah pada osteoporosis.

Gizi lain yang juga harus diperhatikan adalah potassium, serat, magnesium, dan vitamin E. Sebagian kelompok juga perlu mendapat tambahan vitamin B12, zat besi, folic acid, dan vitamin D. Gizi ini sebaiknya berasal dari makanan jika memungkinkan, atau dari supplement jika diperlukan.

Cairan

Banyak orang dewasa yang mengabaikan peran cairan dalam nutrisi. Sangat penting untuk membatasi minuman yang banyak mengandung gula dan jus buah, juga minuman yang mengandung alcohol. Orang umumnya akan mendapat hydrasi yang cukup dari rasa haus dan kebiasaan minum, terutama jika mengkonsumsi cairan dengan makanan.

Nutrisi untuk kekuatan

Dengan kelompok usia yang sama, orang dewasa yang aktif secara fisik, dan yang melatih kekuatannya, atau melakukan aktivitas athletis, akan mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda dari orang dewasa pada umumnya. Sebagai contoh, mereka akan membutuhkan cairan lebih banyak saat berlatih.

Secara umum, para atlit dan mereka yang sangat aktif juga akan membutuhkan karbohidrat lebih banyak dalam dietnya, dibanding orang kebanyakan. Karbohidrat menyediakan energi, namun sebaiknya berasal dari nasi dan buah, bukan dari makanan yang banyak mengandung gula.

Diet Vegetarian

Mereka yang vegetarian bisa mencapai jumlah nutrisi yang direkomendasikan dengan cara menyeleksi makanan dari kelompok makanan dasar. Mereka perlu untuk memberikan perhatian khusus untuk mengkonsumsi protein, zat besi, dan berbagai vitamin lain, tergantung dari diet vegetarian yang mereka ikuti.

Dengan memilih kacang-kacangan, biji-bijian, dan legumes yang berasal dari kelompok daging dan beans, juga telur, jika mereka menginginkannya, bisa memberikan gizi yang cukup dengan level porsi yang tepat.

Makanan yang sudah diproses dan dipersiapkan

Saat ini, makin banyak orang yang lebih suka makan diluar dan membeli makanan yang sudah dipaket. Padahal sulit untuk menilai gizi dan kalori yang terdapat di dalam makanan-maknaan ini, dan secara umum makanan yang fresh itu lebih menyehatkan dibanding makanan yang sudah dipaket.

Makanan-makanan yang sudah diproses tidak mengandung mineral essensial dalam jumlah yang cukup. Makanan tersebut seringkali banyak mengandung lemak dan gula, juga zat-zat pengawet dan bahan tambahan. Namun banyak juga restaurant, termasuk restaurant fast food, yang mencoba untuk menawarkan pilihan yang lebih sehat.

Kalori dan manajemen berat badan

Panduan dan pyramid makanan difokuskan kembali pada dasar-dasar manajemen kalori. Itu semua tentang menyeimbangkan energi, atau jumlah kalori yang dimakan vs. jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengatur porsi, diet yang seimbang, dan tidak membatasi makanan yang banyak mengandung gula atau lemak, orang bisa mempertahankan jumlah kalori yang cukup. Beraktivitas fisik secara teratur, bisa membantu pemanfaatan kalori untuk menyediakan keseimbagan yang lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan mengurangi 100 kalori per hari dari diet, bisa membantu mengatur berat badan, dan mengurangi 500 kalori per hari, bisa menghasilkan penurunan 1 pound berat badan per minggu.

Namun masing-masing orang berbeda dan dianjurkan untuk berkonsultasi dengan seorang dokter atau ahli gizi sebelum menjalani suatu diet untuk menurunkan berat badan.

Peringatan

Meski supplementasi gizi terkadang diperlukan, namun para ahli kesehatan dan diet lebih menganjurkan untuk mendapat gizi yang berasal dari makanan, bukan dari vitamin atau supplement.

Penggunaan supplement vitamin dan mineral yang berlebihan bisa mengarah pada masalah kesehatan yang serius, dan akan lebih baik jika melibatkan seorang ahli medis untuk memastikan bahwa supplement itu telah digunakan pada level yang tepat dan aman.

Selain itu, akan lebih baik jika tidak mengubah diet tanpa petunjuk dari seorang ahli nutrisi atau ahli kesehatan medis. Orang yang menderita suatu penyakit kronis, dan wanita hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengubah dietnya tanpa pengawasan dari dokter.

Terima kasih karena sudah berkunjung dan membaca artikel yang berkategori Diet dengan judul Nutrisi untuk Dewasa. Jangan lupa like dan bagikan artikel ini... By : 1001 Diet