1001 Diet

Semua yang ingin anda ketahui tentang diet ada disini

Diet 3 Hari

Ada berbagai versi dari diet 3 hari yang beredar dari orang ke orang dan di internet, yang umumnya cenderung mengklaim bisa menurunan berat badan 10 lb (4,5 kg) atau lebih hanya dalam 3 hari.

Tapi sampai saat ini, asal muasal dari diet 3 hari ini masih belum jelas. Sebagian orang percaya bahwa diet ini bermula di tahun 1980-an saat diet jenis ini disebarkan melalui mesin fax dari satu orang ke orang lainnya.

Diet 3 hari ini juga mempunyai banyak nama, antara lain fax diet, Army diet, Navy diet, Cleveland Clinic diet, dan masih banyak lagi. Namun nama yang paling sering digunakan adalah "the 3-Day Diet" atau diet 3 hari.

Meski banyak versi dari diet ini yang mengklaim telah dibuat oleh beberapa institusi medis, namun tidak ada satupun dari institusi tersebut yang mengklaim sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas, atau bahkan merekomendasikan salah satu dari versi diet ini.

Banyak institusi yang namanya dipakai dibelakang diet ini, misalnya British Heart Foundation atau the Cleveland Clinic, menginformasikan bahwa diet ini bukan berasal dari mereka.

Diet 3 hari ini sepertinya mirip, atau sama dengan the three-day diet yang dulu dijual secara online oleh 3daydiets.net. Namun masih belum jelas apakah memang benar merekalah yang menjadi developer dari diet ini, karena mereka sendiri tidak mengklaimnya secara spesifik.

Deskripsi

Ada banyak versi dari diet 3 hari yang beredar, semuanya berjanji memberikan penurunan berat badan secara significant hanya dalam 3 hari. Apa yang boleh dan tidak boleh dimakan selama menjalani diet ini juga akan bervariasi.

Salah satu versi bahkan merekomendasikan anda untuk hanya minum air di hari pertama. Di hari kedua anda mungkin diperbolehkan untuk makan buah, dan hanya minum jus buah, dan dihari ke 3 anda mungkin hanya boleh makan sayuran, dan minum jus sayuran.

Versi yang paling umum dari diet 3 hari ini, versi yang sepertinya paling populer, adalah diet 3 hari yang disertai dengan sebuah meal plan yang berisi instruksi mengenai apa yang harus anda makan saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

Spesifikasi dari menu ini bervariasi. Begitu juga dengan minuman yang diperbolehkan selama menjalani diet ini. Sebagian versi mengijinkan anda untuk minum apa saja. Sementara versi lain menspesifikasikan air dan diet soda selain kopi dan teh.

Banyak versi dari diet 3 hari ini yang mengharuskan anda untuk minum minimal 4 gelas air per hari. Sebagian versi lain mengijinkan diet soda sebagai pengganti air. Dan versi umum dari menu diet 3 hari ini adalah:

Hari ke 1

  • Sarapan: teh hitam atau kopi, 1/2 jeruk Bali, sepotong roti panggang dengan 1 sdm peanut butter. Sebagian versi menspesifikasikan 1/3 jeruk Bali, sebagian versi lain menganjurkan penambahan pemanis buatan ke dalam kopi, sebagian lagi mengijinkan jus jeruk Bali sebagai pengganti jeruk Bali.
  • Makan siang: ikan tuna 1/2 mangkuk, sepotong roti panggang, kopi hitam atau teh. Sebagian versi mengharuskan ikan tuna harus dicampur dengan air, dan sebagian versi lain mengharuskan penambahan pemanis buatan ke dalam kopi atau teh.
  • Makan malam: 3 ons daging, 1 mangkuk green beans, 1 wortel, 1 apel, i mangkuk es cream vanilla. Sebagian versi menspesifikasikan es cream rendah lemak, sementara versi lain tidak mengharuskannya. Sebagian versi mengharuskan 1 mangkuk beet bukan wortel.

Hari ke 2

  • Sarapan: 1 butir telur, sepotong roti panggang, 1/2 nanas, kopi hitam atau teh. Sebagian versi mengharuskan pemanis buatan di dalam kopi atau teh. Secara umum tidak dispesifikasikan bagaimana telur seharusnya dipersiapkan. Sebagian versi mengharuskan 1 buah nanas, bukan 1/2.
  • Makan siang: 1 mangkuk keju cottage dan 6 crackers. Sebagian versi mengijinkan anda untuk memilih antara 1 mangkuk keju atau 1 mangkuk tuna. Sebagian versi mengharuskan 6 cracker, sebagian lain mengijinkan 8. Semua versi umumnya mengharuskan Saltine sebagai merek untuk cracker.
  • Makan malam: 2 hot dog, 1 mangkuk broccoli, 1/2 mangkuk wortel, 1/2 nanas, 1/2 mangkuk es cream vanilla. Sebagian versi menspesifikasikan beef franks. Sebagian lain mengharuskan 1 mangkuk kubis, bukan broccoli. Sebagian versi mengharuskan es cream rendah lemak.

Hari ke 3

  • Sarapan: 1 buah apel, 1 ons keju cheddar, 5 cracker merek Saltine, teh atau kopi hitam. Sebagian versi mengijinkan pemanis buatan.
  • Makan siang: 1 butir telur rebus, sepotong roti panggang. Beberapa versi mengijinkan teh atau kopi hitam (tanpa pemanis) sementara versi lain tidak memperbolehkan.
  • Makan malam: 1 mangkuk tuna, 1 mangkuk wortel, 1 mangkuk cauliflower, 1 mangkuk melon, 1/2 mangkuk es cream vanilla. Sebagian versi mengharuskan 1/2 belewa bukan melon. Sebagian versi mengharuskan es cream rendah lemak.

Selain versi diatas, ada beberapa versi lain dari diet 3 hari yang menspesifikasikan makanan alternatif untuk menu, misalnya orange sebagai pengganti jeruk Bali, keju cottage sebagai pengganti tuna, dan berbagai jenis sayuran pengganti lainnya.

Semua versi umumnya mengharuskan penggunaan lemon, garam dan merica, mustard, cuka, bumbu, kecap, saus kedele, saus Worcestershire, untuk menambahkan rasa ke dalam makanan selama berdiet, tapi semua yang mengandung lemak, misalnya mentega, tidak diperbolehkan.

Semua versi diet 3 hari ini umumnya sangat menspesifikasikan anda untuk mengikuti aturan-aturan ini dengan tepat jika ingin mendapat hasil persis seperti yang dijanjikan.

Fungsi

Jika diikuti dengan benar, diet 3 hari ini biasanya menjanjikan penurunan berat sebanyak 10 pound dalam 3 hari.

Diet ini mengklaim bahwa penurunan berat badan tersebut di dapat dari hasil kombinasi makanan yang diwajibkan, hingga menyebabkan terjadinya peningkatan metabolisme dan tingkat pembakaran lemak.

Namun reaksi apa yang seharusnya terjadi, dan bagaimana cara kerja dari reaksi ini tidak pernah digambarkan dengan jelas.

Sebagian versi mengatakan bahwa setelah selesai menjalani diet ini selama 3 hari, anda boleh mengulanginya lagi setelah tidak berdiet selama beberapa hari (2-5 hari).

Diet 3 hari ini cenderung ditujukan untuk menghasilkan penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, dan bukan ditujukan untuk mengubah gaya hidup atau pola makan. Biasanya, diet seperti ini membebaskan anda untuk kembali makan seperti biasa setelah diet berakhir.

Diet ini hanya memperingatkan anda untuk tidak makan berlebih. Tidak ada jenis olahraga yang direkomendasikan dalam diet 3 hari ini. Penurunan berat badan diharapkan akan berasal dari meningkatnya metabolisme dan menurunnya jumlah kalori yang dikonsumsi.

Keuntungan

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari menurunnya berat badan, jika itu dicapai dengan cara yang sehat, yaitu melalui perubahan pola makan dan berolahraga.

Namun, diet 3 hari ini dianggap bukanlah cara yang sehat untuk menurunkan berat badan, karena tidak menyertakan olahraga dan menu makanan yang seimbang.

Meski diet ini mengklaim bahwa berat badan anda akan turun sebanyak 10 pound dalam 3 hari, namun penurunan tersebut sebagian besar adalah akibat dari berkurangnya cairan.

Memang benar, ada banyak keuntungan psychologis yang bisa di dapat dari penurunan berat badan yang terjadi dalam waktu singkat, namun berbagai keutungan ini sepertinya akan segera lenyap jika berat badan kembali naik setelah diet berakhir.

Peringatan

Siapapun yang ingin mencoba suatu diet, sebaiknya konsultasikan dulu dengan seorang dokter atau ahli medis profesional. Sebab, kebutuhan masing-masing orang akan kalori, lemak, dan nutrisi harian, bisa sangat berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, jenis kelamin, dan berbagai faktor lainnya.

Dengan berkonsultasi pada seorang dokter, itu bisa membantunya untuk menentukan apakah diet tersebut sesuai dengan kebutuhannya, dan jika ternyata tidak sesuai, dokter bisa membantunya untuk memilih diet yang lebih sesuai untuk target penurunan berat yang ingin dicapainya.

Wanita hamil atau yang sedang menyusui seharusnya sangat berhati-hati saat ingin mencoba suatu diet, karena saat bayi menerima nutrisi dari ibunya, maka apa yang dimakan oleh sang ibu bisa memberikan efek yang besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan sang bayi.

Resiko

Setiap diet itu beresiko, namun diet yang sangat membatasi kalori atau variasi makanan yang boleh dimakan cenderung lebih beresiko.

Diet 3 hari ini umumnya hanya membolehkan sekitar 1.000 kalori per hari, bahkan setelah dianalisa, sebagian versi dari diet ini hanya terdiri dari 700 kalori per hari. Bagi sebagian besar orang, jumlah ini terlalu minim.

Sebuah diet yang menganjurkan kurang dari 800 kalori per hari dianggap sebagai diet yang sangat rendah kalori. Dan diet seperti ini sangat beresiko untuk memberikan efek samping, misalnya batu empedu dan penyakit jantung.

Diet yang sangat rendah kalori biasanya hanya ditujukan untuk orang yang mengalami obesitas dengan tingkat yang sangat ekstrem, dan mengalami gangguan kesehatan akibat obesitasnya tersebut. Dan diet seperti ini harus dilakukan dibawah pengawasan secara ketat oleh seorang ahli medis. Diet ini tidak ditujukan untuk dijalani tanpa pengawasan dari seorang ahli.

Umumnya, mereka yang berhasil menjalani dan menurunkan berat badan melalui diet 3 hari ini, berat badannya akan kembali naik begitu diet selesai, bahkan kenaikannya mungkin malah lebih banyak dibanding penurunannya.

Dengan menjalani diet yang sangat rendah kalori seperti ini, akan membuat metabolisme anda menurun karena tubuh anda mengira bahwa anda kekurangan sumber makanan atau sedang kelaparan.

Lalu, saat diet selesai dan anda kembali ke jumlah kalori normal, maka tubuh anda akan menyimpan kalori ekstra tersebut sebagai lemak cadangan untuk berjaga-jaga kalau-kalau nantinya anda kembali mengalami kelaparan.

Mekanisme pertahanan tubuh terhadap kelaparan ini bisa menyebabkan mereka yang menjalani diet sangat rendah kalori akan mengalami peningkatan berat badan saat kembali ke pola makan normal, bahkan saat mereka kembali mencoba berdiet. 

Selain itu, diet yang sangat rendah kalori seperti ini juga bisa memicu kebiasaan untuk makan secara berlebihan saat diet berakhir.

Banyak versi dari diet 3 hari ini, terutama yang mengharuskan anda untuk berpuasa, beresiko tinggi untuk mengalami kekurangan mineral dan vitamin.

Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya, tubuh membutuhkan semua makanan dari semua jenis, setiap hari.

Sedangkan jika anda hanya diperbolehkan minum jus buah, atau makan makanan dengan variasi yang sangat terbatas, maka hampir tidak mungkin bagi anda untuk bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan.

Setiap orang yang ingin mencoba diet seperti ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan seorang ahli mengenai multivitamin atau supplement yang bisa mengurangi resiko defisiensi.

Tapi ingat, multivitamin dan supplement itu sendiri juga berresiko dan tidak bisa dijadikan pengganti dari menu makanan yang seimbang.

Penelitian

Secara umum, diet 3 hari ini tidak dianggap sebagai cara yang sehat dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Meski belum ada penelitian ilmiah untuk menentukan efektivitas dari diet 3 hari ini, namun para ahli menyatakan bahwa semua diet yang mengklaim bisa menghilangkan 10 lb (4,5 kg) dalam 3 hari biasanya tidak bisa menghilangkan lemak, hanya cairan dan serat otot akibat dari berkurangnya kalori.

Semua diet yang sehat dan menghasilkan penurunan berat badan secara berkala itu seharusnya mengikut petunjuk-petunjuk mengenai pola makan yang seimbang dan menyertakan semua kelompok makanan ke dalam menu sehari-hari.

Diet yang sehat itu seharusnya tidak boleh sangat melarang kelompok makanan manapun, atau mengurangi kalori secara ekstrem.

Banyak penelitian yang telah mengungkapkan bahwa jika olahraga dan diet digabungkan, itu akan jauh lebih efektif untuk menghasilkan penurunan berat badan, dibanding jika diet atau olahraga saja.

Sedangkan semua versi dari diet 3 hari ini umumnya tidak merekomendasikan olahraga apapun. Secara umum, mereka malah mengklaim bahwa lemak tubuh anda akan lenyap akibat dari reaksi mistik yang ditimbulkan oleh kombinasi makanan, tanpa harus membuat anda bersusah payah untuk berolahraga.

Padahal, diet yang sehat itu seharusnya menyertakan komponen olahraga, minimal 30 menit per hari, seperti yang direkomendasikan oleh para ahli.

Terima kasih karena sudah berkunjung dan membaca artikel yang berkategori Diet dengan judul Diet 3 Hari. Jangan lupa like dan bagikan artikel ini... By : 1001 Diet